Kapan Saatnya Berterus Terang Pada Anak Adopsi?

Vera Farah Bararah – detikHealth

Jakarta, Pasangan yang telah bertahun-tahun menikah dan belum memiliki anak cenderung memilih jalan adopsi agar bisa meramaikan rumah tangganya. Lalu bagaimana cara menceritakan yang sebenarnya pada anak adopsi?

Dulu banyak orangtua yang menganggap tidak perlu memberitahukan hal yang sebenarnya pada anak, tapi kini para ahli menentukan bahwa setiap anak berhak untuk mengetahui yang sebenarnya. Tapi orangtua juga harus cerdas dan cermat dalam menjelaskan hal ini pada anaknya.

Para ahli merekomendasikan orangtua untuk menunggu hingga anaknya berusia 8 sampai 11 tahun. Karena pada usia tersebut diharapkan anak sudah mengerti mengenai suatu masalah yang kompleks. Meskipun ada beberapa anak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat memahaminya.

Seperti dikutip dari Adoption, Rabu (25/11/2009) ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membantunya memberi tahu anak mengenai yang sebenarnya:

Jangan pernah menggunakan istilah anak angkat dalam memberikan penjelasan pada anak.
Biasakan anak untuk mendengar istilah adopsi melalui buku dongeng atau cerita lain yang berakhir dengan kebahagiaan. Ini akan membuat anak tidak merasa asing dengan istilah ini, meskipun anak belum mengerti sepenuhnya arti dari kata adopsi.

Orangtua sebaiknya menyampaikan sedikit demi sedikit mengenai adopsi sehingga anak bisa menyerapnya secara perlahan-lahan, hingga saatnya nanti anak sudah bisa mengerti apa yang terjadi pada dirinya.
Cobalah cari tahu apa yang anak Anda ingin ketahui, informasi yang terlalu berlebihan bisa membuat anak menjadi bingung dan merasa tidak siap menerima kenyataan yang ada.

Waktu terbaik untuk menjelaskannya adalah saat situasi tenang atau ketika sedang melihat album keluarga dan tetap amati bahasa tubuh anak. Jangan membicarakannya saat keadaan sedang sibuk atau ada masalah dalam keluarga.
Tekankan pada anak bahwa bagaimana cara anak tersebut masuk ke keluarga ini adalah hal kedua, tapi yang paling penting adalah anak tersebut sepenuhnya milik orangtua.

Anak pasti ingin tahu mengenai orangtua kandungnya, cobalah untuk menjelaskan hal ini tanpa menyinggung perasaannya atau menjelekkan orang lain yang bisa membuat anak merasa kecewa.

Adopsi merupakan cara lain yang bisa dilakukan oleh pasangan agar merasa memiliki keluarga yang utuh. Menjadi orangtua bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi memiliki keluarga yang utuh bisa membuat orang dewasa merasa bahagia.

Beberapa pasangan memilih mengadopsi anak karena memiliki masalah medis dengan kesuburan atau organ reproduksinya yang membuatnya susah untuk bisa hamil. Tapi ada juga beberapa pasangan yang mengadopsi anak sebagai ‘pancingan’ agar bisa cepat hamil, meskipun sampai saat ini hal tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

(ver/ir)

http://health.detik.com/read/2009/11/25/153029/1248699/764/kapan-saatnya-berterus-terang-pada-anak-adopsi

%d bloggers like this: