Puasa Tingkatkan Kualitas Sperma

Fatichatun Nadhiroh – DetikSurabaya

Surabaya – Bagi mereka yang berpuasa, jangan khawatir kualitas sperma Anda akan menurun. Justru sebaliknya, kualitas sperma secara umum akan lebih bagus.

Ahli seks RSU dr Soetomo Surabaya, dr Susanto Suyaatmadja SpAnD(K) mengatakan, puasa tidak berdampak negatif terhadap kualitas sperma. “Justru manfaat puasa terhadap kesehatan tubuh bagi pria yang sehat justru lebih bagus bahkan tidak mengurangi terjadinya konsepsi hubungan suami istri,” katanya kepada detiksurabaya.com Kamis (13/9/2007).

Susanto mengatakan, manfaat kesehatan saat puasa justru meningkatkan fungsi organ reproduksi, menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh serta meningkatkan fungsi organ tubuh. Selain itu, memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat, membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang bisa merusak kesehatan.

“Dengan puasa mampu memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup,” jelasnya.

Dia menyarankan, yang penting dilakukan suami istri yakni tetap menjaga kebugaran saat puasa yakni mengkonsumsi makanan gizi seimbang serta memperbanyak minum air putih.

Aturlah waktu istirahat. Usahakan tidur beberapa menit pada siang hari, saat tubuh merasakan kantuk yang berat. Hal itu dapat membantu memulihkan kesegaran tubuh dan melancarkan proses berpikir.

“Justru hindari duduk diam atau tidur dalam jangka waktu yang lama, malas-malasan. Sebab, hal itu justru membuat tubuh semakin lemas dan loyo,” tambahnya. (fat/mar)

http://www.detiksurabaya.com/indexfr.php?url=http://www.detiksurabaya.com/index.php/detailberita.main/y/2007/m/09/d/13/tts/102357/idkanal/466/idnews/829506

%d bloggers like this: