BERBAGAI TIPE ENTREPRENEUR

ADVISER• Banyak orang yang ingin dibayar dengan memberikan advis; biasanya dibutuhkan pengalaman yang banyak atau pendidikan untuk mampu melakukannya .

• Berbagai macam adviser termasuk Pengacara (Deliberative, Command), Akuntan (Discipline), Perencana Keuangan (Analytical). Akan tetapi banyak dari Salesman hebat (Relator, Responsibility) yang menamakan dirinya – dan dianggap oleh pelanggannya – sebagai adviser. Misalnya salesman asuransi (Empathy) memandu saya didalam memilih macam dan nilai yang dipertanggungkan. ( Learner, Communication, Developer)

BROKER

• adalah perantara – seseorang yang membantu orang lain untuk menemukan layanan atau produk yang diperlukan. Mereka mengenakan biaya dgn prosentase tertentu dari harga jual, atau biaya flat, atau berdasarkan jam kerja. Agen Real estate mungkin merupakan tipe broker yang paling dikenal, tetapi anda bisa menjadi broker untuk hampir semua produk dan layanan (kecuali yang profit marginnya kecil). Anda bisa misalnya menjadi broker, mobil, mortgage, bisnis, atau bahkan broker minuman keras. Kalau anda memiliki interes, pengalaman dibidang tertentu – dan suka berbelanja – menjadi broker adalah cara berbisnis yang paling berbiaya rendah untuk mulai berbisnis. (Communication, Woo, Command, Responsibility, Input, Relator)

BUILDER

• segmen terbesar dari entrepreneur adalah kontraktor yang bekerja sendiri – tukang kayu,tukang listrik,tukang pipa,tukang cat. Apakah anda membangun perumahan atau memasang lantai di apartemen, kalau anda senang melihat sesuatu diciptakan dari tidak ada dan anda punya keterampilan, mungkin sebaiknya anda menjadi builder . (Achiever, Responsibility, Maximizer, Activator)

CARE TAKER

• masyarakat kita punya kebutuhan yang besar agar benda dan orangnya dibantu dan dipelihara. Hal ini membuka banyak kesempatan bagi entrepreneur yang penyabar dan suka mendidik dan memelihara. Kalau anda adalah orang yang konsisten sepanjang masa dan melihat diri anda suka menolong , anda mungkin masuk didalam tipe entrepreneur care -taker. (Belief, Responsibility, Developer, Discipline)

CREATOR

• mungkin anda adalah orang yang punya visi – dalam fashion, grafis, teknologi, ataupun dalam produk dan layanan tertentu. Creator termasuk perancang grafis atau fashion , inventor, pembangun business, produk baru. Creator seringkali perlu bergabung dengan entrepreneur lain yang kuat didalam sales atau operasi untuk membantu mereka membuat visi tentang realitas finansial. (Ideation, Futuristic, Activator, Harmony)

OWNER

• kalau anda punya banyak uang untuk diinvestasikan, kamu mungkin bisa membuat modal tersebut bekerja untuk anda. Apakah anda menginvestasikan dalam saham, real estate, vending machines, bisinis, menjadi pemilik aktif untuk melipatgandakan uang anda menjadi penghasilan tambahan tanpa harus terlihat bekerja setiap hari, (Analytical, Self assurance, Input, Deliberative)

SELLER

• kalau anda hebat didalam jualan, anda tidak akan pernah kelaparan. Salesman yang hebat selalu butuh order. Banyak yang bekerja sendiri, biasanya bekerja berdasarkan komisi. Kalau anda pandai jualan, dan mau bekerja keras, anda bisa mendapatkan banyak uang dari berjualan. (Command, Woo, Relator, Communication, Responsibility, Achiever)

SOSIAL

• Kalau anda senang menyelesaikan masalah sosial dengan semangat entrepreneur dan instink bisnis, biasanya bersemangat tinggi, persisten, percaya diri dan mampu memberikan inspirasi pada yang lainnya untuk bergabung, merasa bertanggungjawab karena ada misi,pragmatis,mampu membuat rencana bisnis dengan rinci kalau tidak bisa memilih orang untuk melakukannya,sangat independen,bisa berkomunikasi. (Achiever, Self Assurance, Positivity, Belief, Arranger, Communication)

%d bloggers like this: