Jogging: Manfaat Bagi Kesehatan dan Bagaimana Melakukannya

Melakukan jogging secara teratur memberikan manfaat bagus buat kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Jogging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental.

Keuntungan Jogging

Jogging memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan. Efek-efek dari jogging adalah:
1. membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan;
2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan;
3. Menetralkan depresi;
4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif;
5. Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan;
6. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya;
7. Jogging mengencangkan otot kaki, paha dan punggung;
8. Membuat tidur lebih nyenyak.

Kesenangan Yang Didapat Dari Jogging

Jogging juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, Anda tak akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.

Anda akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat mendengarkan suara burung berkicau, suara air yang mengalir, atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Selama jogging Anda juga dapat merasakan perasaan senang.

Pakaian Dan Sepatu

Pakaian yang Anda kenakan harus sesuai dengan udara saat itu. Saat udara hangat, celana pendek dan t-shirt cukup nyaman untuk dikenakan. Namun, jika Anda melakukan rute yang jauh tak ada salahnya membawa pakaian ekstra di tas kecil, untuk berjaga-jaga jika udara jadi buruk. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus, hindari yang penuh jahitan, bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat.

Sedang untuk sepatu, kenakan yang lembut dan nyaman, tapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki Anda tapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah, sehingga tidak membuat Anda terpeleset.

Rute Dan Sesi Jogging

Jogging dapat ditempuh dalam berbagai cara : Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa; Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi; Jogging dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 kg.

Bagaimana Melakukan Sesi Jogging

Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Jika rute cukup panjang, Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari Anda.

Peregangan Tubuh Dan Setelah Beberapa Sesi

Sangat disarankan untuk melakukan peregangan sebelum melakukan sesi jogging, dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya.

Kapan Dan Seberapa Sering

Jika jogging hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang dilakukan, melakukannya tiap dua hari sekali adalah ukuran idelnya. Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi, dan daya tahan tubuh Anda. Tapi jika Anda mengkombinasikan jogging dengan olah raga lain, lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan. Mungkin Anda merasa lapar saat akan melakukan jogging, tapi sebaiknya jangan melakukannya setelah makan. Anda bisa melakukannya kapanpun sepanjang hari, tapi lebih baiknya melakukan jogging sebagai kegiatan pertama di pagi hari.

Bagaimana Memulainya

Jika Anda tak biasa melakukan latihan fisik, sebelum memulai jogging, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, yang tidak disarankan untuk melakukan jogging, atau yang mesti Anda pertimbangkan jika melakukan jogging. Untuk pertama-tama, sebaiknya Anda berlari-lari di tempat selama 10 menit. Lalu Anda dapat menambah waktu, jarak dan kecepatan setelah terbiasa.
(idionline/Net)

About these ads

21 thoughts on “Jogging: Manfaat Bagi Kesehatan dan Bagaimana Melakukannya

  1. Diffon denias says:

    thanks for giving me this information. make your new-best information again. i’m waiting for it

  2. danang says:

    #Diffon
    I’m glad that you like it

  3. Lizard MAN says:

    Thanks for the info . much help

  4. Bedjo says:

    Jika jogging atau lari pagi dilakukan setiap pagi hari apakah ada efek buruk bagi kita?

  5. oki says:

    information that is useful

  6. bloggebo says:

    ya saya juga sekarang sudah mulai membiasakan diri untuk melakukan lari, khususnya lari pagi

  7. dody says:

    thanks,
    gw kan coba.. :-)

  8. adrianto says:

    Thanks you for this information, I will try 20menits jogging every day.

  9. tita says:

    ya!
    saya akan jogging jam 4 pagi!!!
    hehehe. . .
    mumpung udaranya segar (lebih tepatnya dingin). . . (-.-)

  10. Donny says:

    Dulu saya penderita hipertensi. Setelah melakukan
    perubahan pola hidup, dgn makan buah dan sayur tiap hari, diserati
    jogging selama 45-1jam tiap hari, tensi
    saya normal kembali 120/80, bahkan kadang sedikit
    di bawah normal.
    Jogging membuat saya ketagihan. Badan rasanya
    segar dan berat badan menjadi turun.
    Cobalah jogging utk memulai hidup sehat.
    Karena sehat itu murah tetapi sakit itu mahal.
    Salam hormat!!!

  11. Nopal says:

    Mksh atas infonya..tp pas awl sy mlkkan joging,tbuh sy kok trsa skt smua n kpla pusng..knp ya?

  12. Andra says:

    Terimakasih atas informasinya …^_^

  13. yunie says:

    aku juga akan melakukan joging 2x dlm 1 mggu

  14. akuy says:

    Saya kurus,apakah dngn lari pagi dpatmenaikkan brat bdan ku??sya ingin bdan Saya sdkt mngisi…trmksh

  15. Andre Lao says:

    Apa jogging gk buruk bagi yg bertubuh kurus? Kan jogging membakar lemak tubuh. Kalo yg kurus tambah kurus dong?

  16. danang says:

    ya diimbangi dengan makanan dong mas.. :)

  17. oliphe says:

    sdah smggu ini sya lari pagi, tepetnya lari subuh. krna sya mlakukannya d wktu sbuh, heee. sya jogging cuma 10menit, tpi sya rutin melakukannya tiap hari. btul g ya dg ap yg sya lkukan???

  18. Iyanz_Yansen says:

    Ku Lebih suka Lari Sore daripada Lari pagi . .

  19. dudung says:

    saya asthma ,tapi sejak saya seminggu 4-5x jalan pagi,stamina menjadi lebih baik,dulu asthma saya sering kambuh semenjak 2 th. ini sdh tidak terjadi lagi.disamping itu banyak manfaat besar lainnya ang kita dapat.Perlu sy.tambahkan bahwa umur sdh, 60than.

  20. erny says:

    thanks for info

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: